Perbedaan macem2......

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Perbedaan macem2......

Post  pman69 on Mon Oct 27, 2008 2:13 pm

apa seh bedae jiwa, roh, energi tu?
trus kalo orang kerasukan tu kerasukan jiwa/roh? la punyae orang tu sendiri kemana kok sampe bisa dimasuki?
oy buat admin promo duonk le forum ben lebih rame?
dikasih hadiah kek buat yg sring kasih topik/posting/new member gitu?
hehehehe angel yo mas..... afro flower afro

pman69

Jumlah posting : 27
Join date : 16.10.08
Age : 32
Lokasi : Lumpur Lapindo

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  gunar on Tue Oct 28, 2008 9:04 pm

Ayo , siafa zang mau zawab.....

gunar

Jumlah posting : 106
Join date : 28.09.08
Lokasi : Chemarank

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  pak e jati on Fri Oct 31, 2008 4:14 pm

Energi adalah suatu kemetafisikaan yang dihasilkan oleh benda atau mahluk hidup. Energi adalah sesuatu yang abstrak yang tidak dapat dilihat namun hanya dapat dirasakan alirannya. Benda yang menghasilkan energi benda tersebut mempunyai suatu kemetafiskaan. Demikian dengan energi yang dihasilkan manusia berasal dari kemetafisikaan manusia itu sendiri dan kemetafisikaan itu berasal dari alam sekitar.
Dalam metafisika energi dibagi dua yaitu energi metafisika dari alam semesta, ada 4 unsur bumi, air, angin matahari. Yang kedua Energi Spiritual yang terdiri dari aura yang berguna untuk ketenangan jiwa dan menyeimbangkan kejiwaan. Shakti yang berguna untuk menyeimbangkan kejiwaan, namun tinkatannya lebih tinggi dari aura. Shakti berguna untuk daya tahan tubuh. Shakti adalah energi kehidupan yang sangat mendasar.
Jiwa adalah suatu tingkat kesadaran yang berada dibawah alam sadar. Banyak hal atau kejadian diluar kesadaran yang disimpan pada tingkat bawah sadar. Sehingga banyak orang menggunakannya untuk menolong menyembuhkan atau mengatasi suatu persoalan dengan masuk ke bawah sadar manusia, sebagai contoh dengan hipnotis. Dengan hipnotis jiwa bisa diajak berkomunikasi dan kita bisa mengetahui informasi yang tidak kita dapat apabila kita menanyakan pada orang yang benar-benar sadar. Informasi yang disimpan pada bawah sadar atau jiwa tidak hanya apa yang didengar tapi juga apa yang dilihat dan dirasakan. Informasi ini dapat disimpan tanpa batas, karena tidak disimpan dalam otak tetapi disimpan dalam suatu energi murni. Jiwa juga dapat berkomunikasi dengan jiwa yang lain, dan dapat dilakukan tanpa batasan jarak dan waktu, karena suatu kesadaran jiwa tidak disimpan dalam tubuh, jadi jika seseorang telah mati kesadaran jiwanya masih tetap ada.
Roh adalah identitas sejati manusia. Jika jiwa hanya menyadari hal-hal yang ada disekitar tubuh secara fisik, roh tidak mempunyai batasan apapun, baik tempat maupun dimensi. Roh adalah sebagai ”Tuhan” yang ada didalam diri manusia, karena roh berhubungan langsung dengan Sang Pencipta. Banyak orang dengan roh terkurung rapat dalam ego keduniawian sampai saat kematiannya, sehingga orang-orang ini menyia-nyiakan kehidupannya yang semu. Kesadaran mereka hanya pada tingkat kesadaran fisik saja, secara spiritual mereka dianggap tidak sadar.

Sebagai gambaran: Kita bermain video game. Kontrol game dapat diumpamakan sebagai jiwa Karakter yang anda mainkan diumpakan tubuh fisik anda, terkontrol oleh anda sendiri, dengan gerakan yang terbatas.. Semua interaksi bisa dilakukan dengan karakter-karakter lain dalam layar sesuai dengan batasan permainan. Karakter yang anda mainkan adalah anda sebagai anda. Anda yang berada diluar memainkan game tidak akan muncul di layar, bisa diumpamakan sebagi roh. Anda sendiri berada di luar layar, anda hanya mengendalikan. Tetapi anda masih dapat mendengar apabila dipanggil, merasakan udara yang panas atau sejuk. Tetapi setelah permainan selesai karakter yang anda mainkan dilayar akan lenyap, tetapi anda sendiri tetap ada, dengan masih mengingat seluruh interaksi dengan karakter lain dalam permainan tadi.
Roh atau pribadi tinggi sebagai sebagai pemain sendiri yang berada dibelakang kehidupan dan tidak terlihat langsung didunia ini. Roh atau pribadi tinggi mengarahkan fisik dengan kontrolnya. Beberapa pribadi tinggi terkadang kehilangan kontrol terhadap manusia yang diperankannya, bahkan sampai tingkat kehilangan kontrol secara total. Seperti halnya kontrol game yang rusak.
Sedangkan jiwa, roh dan tubuh fisik kita memerlukan suatu energi sebagai sumber dayanya. Jiwa dan roh banyak kita dapat dari tingkat spiritual kita atau salah satunya hubungan kita dengan Sang pencipta. Untuk fisik sudah jelas menu makan kita yang terjaga.
Jadi harus harus ada keselarasan antara roh, jiwa, tubuh fisik, dan energi yang mensuplainya.

Orang yang kerasukan itu kerasukan roh bukan jiwa. Roh orang yang kerasukan itu biasanya lemah atau dilemahkan sehingga roh yang akan masuk menjadi lebih dominan. Sedang rohnya sendiri bisa terkurung dalam raganya sendiri tanpa dapat melawan (karena kalah kuat) atau bisa juga berada diluar sekitar raganya.

Semoga ini dapat sedikit menjelaskan tentang roh, jiwa, energi. Mohon masukan lain dari temen-teman apabila ada yang kurang. Sumber ini saya dapat dari seorang yogist yang juga menguasai Rei Ki Usui.

Tanggapannya bang Gunar-man gimana nih.....


--- satrio paninggih ---

pak e jati

Jumlah posting : 68
Join date : 26.10.08
Age : 46

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  fred on Fri Oct 31, 2008 7:14 pm

hmmm... bagus bgt deskripsinya..... Very Happy ....

fred

Jumlah posting : 77
Join date : 27.10.08
Age : 22
Lokasi : terkenal dgn rumah opera dan jembatanya.. sedunia

Lihat profil user http://fredaussie.multiply.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  dean on Tue Nov 04, 2008 6:22 pm

pman69 wrote:apa seh bedae jiwa, roh, energi tu?
trus kalo orang kerasukan tu kerasukan jiwa/roh? la punyae orang tu sendiri kemana kok sampe bisa dimasuki?
oy buat admin promo duonk le forum ben lebih rame?
dikasih hadiah kek buat yg sring kasih topik/posting/new member gitu?
hehehehe angel yo mas..... afro flower afro



kata adminnya.....ntar di rumah baru ada kok.
jangan kuatir. cheers

dean

Jumlah posting : 15
Join date : 24.10.08
Lokasi : on earth

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

maksudnya....????????????

Post  pman69 on Wed Nov 05, 2008 1:46 am

maksudnya rumah baru kak???????

pman69

Jumlah posting : 27
Join date : 16.10.08
Age : 32
Lokasi : Lumpur Lapindo

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  pak e jati on Fri Nov 07, 2008 4:13 pm

emang sapa yang mau pindahan...????? Laughing
bagi-bagi bancaane lho..... Razz

pak e jati

Jumlah posting : 68
Join date : 26.10.08
Age : 46

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  gunar on Wed Nov 26, 2008 3:21 am

Energi = daya atau kekuatan benda . Besarannya dapat di ukur . Pancarannya dapat dilihat , bentuknya terpola . Kekal , dapat berubah bentuk .
Fisika : cabang ilmu alam yang mempelajari materi dan anti materi dalam lingkup ruang dan waktu .
Metafisika : cabang ilmu filsafat yang memberi penjelasan tentang asal atau keberadaan benda .
Metafisika tidak berhubungan dengan okultisme , bukan berarti hal yang berada di luar dunia fisik .
Supranatural : bentuk pandangan yang menyatakan tentang keberadaan kekuatan yang gaib dan posisinya dinyatakan lebih tinggi di bandingkan kenyataan benda ( tampak oleh mata ) .
Roh , berasal dari bahasa Aram , ruakh artinya hembusan angin .
Jiwa berasal dari bahasa Sansekerta , jiwatman artinya yang menghidupkan .
Pengertian tentang jiwa dan roh , tergantung sudut pijak pandang acu yang digunakan .
Aura adalah spektrum elektromagnetik suatu benda . Tak dapat secara sahih sebagai penentu sifat benda , karena dapat dibiaskan , dirubah , berubah , tergantung pada kondisi , ruang dan waktu .
Shakti dari bahasa sansekerta artinya kuat, juga digambarkan sebagai bentuk penyeimbang ( feminin ) dan kebijaksanaan dari suatu mahluk .
Prana : daya hasil olah raga dan rasa
Pranayama :teknik pengolahan napas .
Alam bawah sadar / pikiran bawah sadar manusia adalah ingatan majemuk yang terbentuk sejak lahir hingga saat ini . Terekam dalam otak manusia , bisa diakses , dengan berbagai cara , orang jenius menggunakan hanya 9 ~ 11 % kemampua memori otaknya , orang umum menggunakan 6~7 % kemampuan memori otaknya .
Spiritual: segala sesuatu berhubungan dengan jiwa , lebih bersifat pribadi .

Teori tentang energi , tergantung titik pijak yang digunakan dalam membahas .
Tergantung kamu mau bahas bagaimana , dari sudut pandang apa ?

Kalo yang pengen kamu bahas itu energi manusia dalam tinjauan mikro dan makro kosmos , beri batasan yang jelas .
Mengambil tolok ukur dengan acuan dari sudut pandang yang mana ? Agama ? Agama apa ??? hati - hati , ini forum , lintas agama .
Kalau kamu sendiri belum pernah belajar tentang agama Budha dan tidak meletakkan azas saling pengertian terhadap agama yang kamu comot bagian istilahnya , lebih baik hati - hati . Terminologi dari kata yang kamu comot , belum tentu kamu mengerti , apa lagi kata yang sama bisa ditafsir tinjaukan dari berbagai sudut .
Mau bahas energi manusia dengan tinjauan Bio Thermo Nuclear ?
Yogi , tidak pake st ....
Jangan pernah berani menggunakan kata Yogi kalau tidak dapat menyatukan diri dengan Yang Maha Pencipta dan Alam Raya juga ruang diri .
Karena Yoga adalah salah 1 dari 6 filsafat Hindu .
Yoga bermakna kembali / penyatuan , dengan Yang Maha Pencipta , bukan asana ( posisi tubuh ) mudra ( posisi jari ) pranayama ( olah napas ) .
Yoga ada dalam semua kepercayaan . Diterapkan dengan berbagai bentukan .
Senam yoga , merupakan pemaknaan lahir terhadap mikro dan makro kosmos , bergerak mengikuti gerakan alam , senam yoga di kemudian hari menjadi dasar dari beberapa bentukan lain , tapi mempunyai landas pemikiran yang sama .

Teori penunggalan ( jalan keutamaan ) , teori pasangan tak terpisah (im yang , mikro dan makro ) , teori dasar < bilangan > ( tiga unsur , tiga alam , 3 lingkar tak terputus ) , teori dasar 4 ( 4 unsur , 4 arah , 4 ruang ), teori dasar 5 ( 5 unsur , 5 arah < empat arah mata angin +tengah > , 5 jalur ) , teori dasar 6 ( 6 unsur , 6 dimensi , 6 mata rantai ) ,
teori dasar 7 ( 7 unsur , 7 dimensi , 7 titik ) , teori angka 8 ( 8 unsur , 8 titik , 8 jalur , 8 arah ) teori angka 9 ( 9 titik , 9 arah , 9 aksara suci , 9 jalur , 9 gugusan )
Berasal dari timur , tinjauannya tergantung asal budaya , nilai kepercayaan yang digunakan , HATI - HATI .
MUMET - MUMET DAH LO .

Kerasukan / kemasukan / kerawuhan , fenomena peralihan penguasaan kesadaran karena kehadiran kesadaran mahluk lain dalam 1 raga mahluk hidup . Ditandai dengan adanya perubahan bahasa tubuh , perilaku , emosi dll , berlangsung dalam waktu yang singkat . Biasanya suhu dan medan energi ruang yang berada di sekitar orang yang kesurupan juga berubah .
Penyebabnya bisa macam - macam , lihat kasus dong . Rohnya ? kalo cuma kerasukan biasa sih , rohnya masih di situ juga .tergantung tujuan kesadaran lain yang memasukinya itu . Tapi kalo udah pada tahapan kerasukan / kesurupan dengan tingkat pertukaran roh ya , roh pemilik raga biasanya ga di situ , tapi di tempat lain , pergi atau di tawan oleh kekuatan lain ( puah.. ini sih ktotal klenik )
Lu bayangin , pake baju ukuran pas ukuran badan lu sendiri , tapi dimasukin 2 orang , semuanya mau jadi paling depan dan memegang kendali .

gunar

Jumlah posting : 106
Join date : 28.09.08
Lokasi : Chemarank

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  endang_tati on Wed Nov 26, 2008 8:13 pm

wah...kok jadi terlalu sulit gini bagiku...
bisa gak diterangkan dengan cara yang gampang dan dapat dimengerti oleh orang awam....
Aku yang Oon nich bukannya tambah mudeng...malah tambah mbulet...
Tolong dijelaskan dari sudut pandang apa saja...yang penting bukan dari sisi bahasa....
dan yang utama...orang awam seperti aku dapat mengerti

Thanks berat ya Gunar....maaf klo aku agak Oon....

endang_tati

Jumlah posting : 22
Join date : 13.10.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Setuju

Post  Cewe manis on Wed Nov 26, 2008 11:13 pm

Wah setuju bgt ama usulnya spy lbh nyederhanain penjelasannya. Maklum lg lemot nih,jd agak susah ngerti uraiannya.
Jd adakah yg mau berbaik hati ngasih penjelasan dgn bhs yg lbh mudah dimengerti? Makasih Smile

Cewe manis

Jumlah posting : 25
Join date : 13.10.08
Age : 36
Lokasi : Sda

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  Cewe manis on Wed Nov 26, 2008 11:13 pm

Wah setuju bgt ama usulnya spy lbh nyederhanain penjelasannya. Maklum lg lemot nih,jd agak susah ngerti uraiannya.
Jd adakah yg mau berbaik hati ngasih penjelasan dgn bhs yg lbh mudah dimengerti? Makasih Smile

Cewe manis

Jumlah posting : 25
Join date : 13.10.08
Age : 36
Lokasi : Sda

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  gunar on Thu Nov 27, 2008 1:47 am

bounce bounce Basketball drunken drunken drunken drunken drunken
Separuh lompat - lombat ya mbak .... Udah aku perkirakan , kalo bakal banyak yang bingung dengan jawabanku di atas... itu timbul karena aku memasukkan pendapatku atas beberapa bahasan pada topik yang lain , aku jawab dalam satu tumpukan sekalian di sini .
Sorry ampe abiz za... Very Happy Very Happy

Pman69 tanya soal perbedaan jiwa , roh , energi , juga fenomena kesurupan .
Rumitnya pertanyaan tadi akan menimbulkan jawaban yang beragam , karena dapat
ditinjau dari berbagai sudut pandang .
Jiwa , roh , fenomena kesurupan , ada dalam ranah teologi , tinjauan supranatural , okultisme , psikologi dan filsafat .
Sedang energi berada pada ranah ilmu alam .
Jadi tambah lebar , karena bahasan jiwa dan roh dapat dijabarkan secara berbeda , sesuai agama dan kepercayaan yang digunakan sebagai masing - masing acuan .

Energi yg ditanyakan pman69 juga ga jelas batasannya , tapi mungkin yang di maksud adalah energi tubuh manusia .

Ada beberapa hal yang sebelumnya aku jawab loncat bertumpuk pada jawaban sebelumnya . Aku tumplekin sekali gus muncul karena pada topik - topik dan serangkaian pertanyaan ( kadang tanya sendiri , jawab sendiri ) , pendapat yang ada , menggunakan istilah - istilah tertentu , yang sebenarnya harus digunakan dengan hati - hati . Bahasa Indonesia sangat kaya dengan serapan .

Jiwa adalah materi / unsur inti yang menggerakkan mahluk hidup .
Kata jiwa yang digunakan dalam bahasa Indonesia , diambil dari kata JIWATMAN yang berasal dari bahasa Sansekerta . Jiwatman berarti yang menghidupkan .
Jiwa berada di dalam raga , posisinya entah di sebelah mana .
Karena merupakan inti penggerak mahluk hidup , jika terlepas dari raga yang membungkusnya , raganya akan mati , kemudian mengalami proses penguraian secara alamiah .

Roh adalah jembatan jiwa raga dan semesta .
Kata roh yang kita gunakan dalam bahasa Indonesia , berakar pada kata RUAKH yang berasal dari bahasa Aram , yang kemudian ditasrifkan menurun pada bahasa anakan yang lebih muda , seperti bahasa Ibrani , Arab dan lain - lain .
Ruah bermakna hembusan angin .
Dalam kepercayaan Samawi , roh dihembuskan ( seperti angin ) ke dalam tubuh manusia . Kehadiran roh yang terlihat kerap kali di tandai dengan adanya hembusan angin .

Roh , adalah materi / unsur yang menghubungkan jiwa dan raga dan alam semesta .
Merupakan manifestasi jiwa dan raga . Kekuatan yang dimiliki roh , berasal dari energi jiwa yaitu daya kehidupan , pemunculannya mengikuti ujud raga pada masa sekarang atau bentuk kelahiran sebelumnya atau campuran dari keduanya .
Sebagai umpama , seseorang berusia 20 tahun , dalam kondisi tertentu , rohnya keluar dari raganya , namun pada penglihatan orang yang mampu melihat roh , ia terlihat jauh lebih tua , atau lebih muda atau dengan tampilan yang tak sama dengan raganya . Kebanyakan termunculkan sama dengan raganya .

Roh dapat bergerak , meninggalkan raga ( keluar ) dalam hubungan tertentu dengan bagian dari alam . Dapat masuk ke dalam raga , atau ruang dimensi yang lain .
Dengan tingkat kemampuan tertentu , seseorang dapat menggerakkan rohnya keluar dari raga untuk keperluan tertentu , dan raga dalam keadaan tak sadar . Tahapan yang berikutnya seseorang dapat membelah rohnya , dengan bentuk yang sama atau pun berlainan , dalam keadaan sadar penuh dan beraktifitas seperti biasa , hal ini dimungkinkan karena masih ada bagian belahan roh pada ruang raga . Pada tahapan yang lebih tinggi , seseorang dapat melepaskan , menggerakkan rohnya untuk memasuki raga orang lain atau binatang .
Jangan pernah berusaha untuk belajar atau melakukan hal tersebut , pertaruhan yang dilakukan terlalu mahal .

Orang yang telah mencapai kesadaran rohani yang baik , mereka dapat mendengarkan suara jiwa , roh dan akal budi dari raganya , bukan dengan telinga , tapi pada ruang kepalanya , yang kerap kali saling berdebat , mengajak bicara .
Suara jiwa , tenang , dalam bahasa yang lebih halus , lebih menekankan ketaatan pada Sang Maha Pemberi dan pemunculannya lebih sedikit .
Suara roh kerap kali menyampaikan serangkaian prediksi tentang berbagai hal , jika diikuti akan hampir mencapai kebenaran .
Suara akal budi muncul menyampaikan pertimbangan yang sangat manusiawi .

Pada tingkat pencapaian kesadaran rohani yang lebih rendah , orang hanya dapat mendengarkan suara roh dan akal budi .
Jika lebih rendah lagi , mereka tidak mendengarkan apa pun .

Kesurupan , kadang disebut kemasukan atau kerawuhan .
Merupakan fenomena peralihan peguasaan kesadaran yang terjadi karena kehadiran kesadaran mahluk lain dalam raga yang sama . Bukan hanya manusia yang dapat kerasukan , tapi binatang juga demikian .

Tidak harus ditandai dengan acara pingsan , kejang - kejang dan teriak - teriak .
Tapi ditandai dengan adanya perubahan perilaku , bahasa tubuh , sinar mata , emosi , suara , tenaga , pengetahuan dan lain - lain .
Suhu dan energi medan ruang di mana kejadian tersebut berlangsung akan berubah , menjadi lebih dingin dan terasa menekan .
Biasanya terjadi dalam waktu yang pendek .
Orang yang tubuhnya mengalami kehadiran roh ( jika ia masih berada dalam raganya ) akan merasa tubuhnya terasa sesak . Mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi dan raganya sendiri .

Penyebabnya bisa beragam . Tujuan kehadiran roh yang merasuki / dirasukkan ke dalam raga pun beragam .
Peristiwa kerasukan bukan terjadi karena niat pelakunya , tetapi juga karena adanya kesempatan , waspadalah - waspadalah ....( LHO QO JADI BANG NAPI , MAAF LAGI Very Happy Very Happy )
Peristiwa kerasukan , bukan hanya terjadi karena kesengajaan roh lain yang merasuki .
Pada beberapa kasus , kerasukan terjadi karena roh lain di panggil untuk merasuki raga dengan tujuan tertentu , pelaksanaannya menggunakan aturan dan persyaratan tertentu pula .
Seperti untuk pertunjukan kesenian , peminjaman kekuatan dan pengetahuan atau sejenisnya .
Selain itu kerasukan dapat terjadi karena adanya roh lain yang dengan sengaja dirasukkan oleh orang lain dengan tujuan yang bersifat merusak .

Peristiwa kerasukan yang paling sering kita lihat , orang yang kerasukan , tiba - tiba kejang - kejang , pingsan, meracau , berteriak , dan perilaku yang berubah total .
Raga dengan mudah dimasuki oleh roh lain , karena kondisi fisik dan psikologi yang menurun .
Roh yang merasuki sering kali berdalih bahwa orang tersebut atau orang yang berada disekitarnya melakukan kesalahan pada mereka , padahal itu dilakukan agar mereka beroleh upah sebagai syarat agar mau meninggalkan korbannya .

Pada kasus kerasukan dengan pertukaran jiwa , ini lebih rumit , waktunya bisa sangat lama .
Ini terjadi karena sebelumnya orang yang bersangkutan melakukan perjanjian gaib tertentu dengan mahluk gaib untuk mencapai tujuan tertentu , misalnya kekayaan , kekuatan , umur panjang , kejayaan , kecantikan atau daya pikat , kekuasaan dan lain - lain .
Sebagai akibat dari perjanjian itu mereka harus membayar harga perjanjian dua alam tadi . Mereka akan menjadi budak mahluk tempat mereka meminta di alam tempat mahluk itu bertempat tinggal .
Pada kasus ini , bukan roh yang terlepas , tapi jiwa yang terlepas .
Jadi sebenarnya raga itu sudah dapat dikatakan mati .
Namun untuk beroleh imbalan ekstra atas jasa yang mereka berikan , mahluk lain memasuki , hadir menguasai raga sepenuhnya , agar dapat melakukan segala kegiatan ragawi manusia yang raganya ditempati , untuk segala keuntungan mahluk itu sendiri .
Seperti makan , berpakaian , bersetubuh dengan manusia , beroleh keturunan dari manusia , seolah - olah keturunan dari manusia yang raganya digunakan ( cara khas nephilin untuk memperbanyak keturunan mereka lewat gen humanoid ) .
Pemilik raga selalu dikembalikan selama kurang lebih 1 jam tiap hari , hal ini dimaksudkan agar tubuhnya tidak mengalami percepatan kerusakan akibat terlepasnya jiwa dan penempatan mahluk lain atas raganya .

Jika saat dikembalikan , pemilik raga dikembalikan kedalam raganya , ia akan sangat merasa gembira , biasanya menampakkan perilaku yg benar - benar berbeda dari sebelumnya saat mahluk lain ada di dalam tubuhnya .
Raga yang dikuasai mahluk tadi tidak akan pernah mau berdoa atau didoakan , karena akan menyksa mereka , membuat mereka marah .
Lama pelepasan tergantung perjanjian masing - masing .
Bagi yang mempunyai indra ke enam dalam bentuk indra penciuman yang lebih , orang tersebut pasti naunya = bau mayat .
Aku sendiri pernah melihat seseorang mengalami perbudakan perjanjian tersebut selama 11 tahun .

Keluarnya roh yang merasuki ditandai dengan melengkungnya tulang belakan ke depan atau kebelakang disertai dengan sentakan .

gunar

Jumlah posting : 106
Join date : 28.09.08
Lokasi : Chemarank

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  gunar on Thu Nov 27, 2008 11:48 am

Energi = daya atau kekuatan benda . Bentuknya terpola , besarannya dapat diukur . Pancarannya dapat dilihat . Kekal , dapat berubah bentuk

Energi manusia adalah energi yang timbul dari seluruh struktur hidupnya , terikat pada sistem terpadu , bersifat radial , utuh menyatu seturut perkembangannya manusia itu sendiri . Dan terpengaruh oleh segala kondisi yang menyertainya .
Energi manusia terbentuk dari energi segala bentuk kehidupan yang ada pada dirinya

Tubuh manusia tersusun dari miliaran sel .
Masing - masing sel memiliki dan menghasilkan energi dari aktifitas biologis mereka . Mengakibatkan terjadi serta terjalinnya aksi dan reaksi berantai . Menggunakan hidrogen , oksigen dan karbon sebagai bahan baku utama .
Seluruh sistem yang berada pada tubuh manusia , mandiri .
Bekerja secara berkesinambungan dalam struktur rumit yang tersaji sederhana dalam bentuk utuh .
Segala aktifitas bio thermo yang berlangsung pada tubuh manusia , bergerak sangat cepat sekali .Jauh melebihi kecepatan reaksi reaktor nuklir tercanggih saat ini .

Ditilik dari asal bentuknya kehidupan awalnya , bentuk energi manusia dibagi menjadi dua .
ENERGI MURNI , yaitu energi yang terbentuk dari segala bentuk perkembangan sebelum peristiwa kelahiran .
Setelah lahir , energi murni manusia tersimpan pada kristal ungu yang terletak pada kelenjar pineal otak manusia .Dinyatakan sebagai kutub zenit energi manusia .

ENERGI BENTUKAN , energi yang terbentuk sejak peristiwa kelahiran sampai saat terakhir .
Keduanya dibedakan , karena bentuk dan ruang lingkup kedua bentuk kehidupan itu berbeda .

ENERGI BENTUKAN , terbentuk bukan hanya karena aktifitas pencernaan dan pernapasan .
Tapi juga terbentuk dari setiap gerakan tubuh manusia sejak dilahirkan
Energi bentukan yang ditimbulkan dari aktifitas pencernaan dan
pernapasan dinamakan ENERGI KONSUMSI , bila berkurang , tubuh akan memberikan peringatan , untuk segera mengisinya kembali .
Berupa energi kalor .
Spektrum cahaya energi konsumsi inilah yang dianggap sebagai aura organ tubuh , inilah yang tergambar dalam foto kirlian atau foto aura .
Jadi bukan wara aura sejati itu sendiri .

Energi bentukan yang dihasilkan dari tiap gerakan manusia sejak lahir disebut ENERGI CADANGAN .Berbentuk energi listik statis tubuh .

Energi cadangan yang dihasilkan dari tiap gerak manusia sejak lahir , tersimpan pada sebuah sistem pencadangan energi yang terdiri dari rangakaian syaraf .
Letaknya pada daerah tulang panggul atau tulang sakral .
Sistem ini berawal pada ujung tulang ekor , bergerak tersusun tiga setengah lingkaran melewati empat pasang lubang yang terletak pada tulang sakral dan berakhir pada pusar .
Kerap kali diibaratkan sebagai pusat api mikro kosmos .
Dalam budaya India yang merupakan akar agama Hindu , sistem pencadangan energi ini dinamakan KUNDALINI . Kunda berati tulang belakang , lini berarti garis atau jalur .
Namun kundalini sendiri tidak berkedudukan pada tulang belakang , melainkan tulang sakral .
Kundalini juga dinyatakan sebagaqi kutub nadir energi manusia .

Baik energi konsumsi maupun energi cadangan , mengalirkan energi ke bagian - bagian tubuh yang membutuhkannya melalui terminal terminal energi .
Terminal energi ini lebih kita kenal dengan sebutan chakra ( chakra berarti lingkaran atau piringan ) .
Umumnya orang menyebutkan ada 7 chakra , walau sebenarnya jumlahnya lebih dari itu Kita gunakan saja 7 sebagai jumlah yang kita sepakati untuk mempermudahnya .
7 chakra ini mirip dengan 7 bagian sistem syaraf utama pada ilmu kedokteran .

Sedangkan rangkaian pencadangan energi bagi kundalini , memiliki sistem tambahan bagi pengisian dan pendistribusiannya .
Rangkaian pengisian berada pada bagian depan tubuh .
Rangkaian pendistribusian terletak pada bagian belakang tubuh .

Rangkaian pengisian bermula dari titik di dahi , letaknya 1 ruas jari jempol dari titik tengah antara kedua alis .
Titik tengahnya berada pada titik 1 ruas jari jempol dari tulang paruh gagak .
Titik bawahnya terletak antara kemaluan dan dubur .
Percabangannya pada titik yang berada di antara kedua tulang selangka bergerak terpisah ke kiri dan ke kanan menuju dan melewati chakra minor yang terdapat pada ujung tulang bahu .
Dinamakan Ruas Energi Salib Emas atau Kala Chakra depan . Digambarkan dengan lambang ular putih .

Rangkaian pendistribusian menggunakan sumsum tulang belakang sebagai penghantar .
Titik awalnya berada apa ujung tulang ekor .
Titik tengahnya terletak pada ruas tulang belakang yang sejajar dengan paruh gagak .
Titik percabangan kekiri dan kekanannya terletak pada tuas tulang belakang kedua di bawah tulang leher .
Titik akhirnya terletak pada titik tengah cerukan dibawah otak kecil di tengkorak kepala Dinamakan Ruas Energi Salib Perak , Kala chakra belakang dilambangkan dengan lambang ular hitam .

Warna cahaya yang di lepaskan oleh pergerakan energi inilah yang kita lihat dan dinamakan aura .

PENGOLAHAN ENERGI TUBUH

Manusia mengembangkan berbagai metode untuk mengolah energi yang dimilikinya , agar dapat lebih bermanfaat .

Energi konsumsi yang berbentuk kalor / panas diolah dengan cara melatih kekuatan otot , kita kenal dengan istilah tenaga luar .
Energi cadangan yang berbentuk energi listrik statis tubuh , dapat dirubah menjadi bentuk energi lainnya disebut tenaga dalam .

Beberapa pengolahan energi cadangan yang kita kenal , SENAM YOGA , taichi , chikung , pencak silat , rei ki dan lain lain .
Bentuk aplikasinya sesuai dengan budaya orang - orang yang mengembangkannya kemudian dan adanya penambahan tata nilai lain yang menyertainya .

SENAM YOGA merupakan bentuk metode pengolahan energi tubuh yang paling dikenal luas , mungkin yang paling tua dan merupakan dasar dari metode pengolahan lainnya .

SENAM YOGA merupakan serangkaian gerakan tertentu yang menyertakan posisi tubuh ( asana ) , posisi jari tangan ( mudra ) untuk percepatan kinerja terminal energi , juga teknik pengolahan napas ( pranayama ) .
Senam yoga , merupakan pemaknaan lahir / pengejawantahan terhadap mikro dan makro kosmos , bergerak mengikuti gerakan alam .
Diperlukan ketekunan dan kesinambungan latihan yang baik jika ingin beroleh hasil yang baik .

Rangkaian GERAK SENAM YOGA , sesi akhirnya ditutup dengan penyelarasan berbentuk perenungan / meditasi .
Perenungan diisi dengan doa , ucapan syukur sebagai mahluk Tuhan dan bagian alam semesta ciptaanNYa .

Meditasi yang benar akan memberikan efek kesegaran tubuh yang bahkan lebih baik dibandingkan tidur , meningkatkan kekebalan tubuh dan kerja organ tubuh pengendalian emosi yang lebih baik ,regenerasi sel dan perbaikan hormonal .
Hal ini dimungkinkan karena saat melakukan perenungan dengan benar menyebabkan gelombang otak bekerja pada frekwensi rendah pada gelombang alpha atau tetha .
Memberikan keseimbanagn pada belahan otak kiri dan otak kanan .
NAMUN INI BUKANLAH TUJUAN YANG UTAMA , MELAINKAN BONUS HASIL LATIHAN .

YOGA adalah akar induk SENAM YOGA .
Yoga bermakna kembali / penyatuan , dengan Yang Maha Pencipta dan semesta .
Memaknai alam semesta / jagad adi / makro kosmos sebagai karunia Sang Maha Pemberi , dan kita ada serta menjadi bangian alam semesta .
Memaknai manusia sebagai miniatur alam raya / mikro kosmos .

YOGA adalah salah satu dari enam FILSAFAT Hindu .
Orang yang menjalankan YOGA disebut YOGI .
Orang yang melakukan SENAM YOGA disebut PRAKTISI YOGA .
Orang yang menjalankan YOGA secara BENER dan mengabdikan hidupnya hanya untuk kehidupan ROHANI disebut SHADU .

SENAM YOGA yang berasal dari kepercayaan Hindu , juga tetap di gunakan dan dikembangkan oleh penganut agama Budha , walau aturan yang digunakannya tidak seketat sebelumnya .

Seiring berkembangnya agama Budha , Yoga dan Senam Yoga semakin dikenal luar ke
berbagai penjuru . Kemudian bermetamorfosa menjadi bentuk lain yang lebih fleksibel lagi dan mendapat pengayaan dari tata nilai lainnya .

Konon khabarnya Pendeta Agung Budidharma / Tatmo chau su / Dammo tai shi , penyebar agama Budha di China yang merupakan pendiri biara Shaolin , menyempurnakan ilmu dan latihannya , di gunung Bromo dan Semeru sebelum hijrah ke China .


TEORI PENGEMBANGAN BERDASARKAN BILANGAN .

Teori pengembangan energi yang awalnya berasal dari senam yoga , mendapat penyisipan nilai lokal tempat di mana ia dikembangkan agar lebih mudah diterima dan diaplikasikan .

Karena sisipan tadi diikuti dengan penyebutan angka tertentu , aku menyebutnya sebagai teori berdasarkan bilangan .

Beberapa teori yang menggunakan penyebutan bilangan , yang mungkin sudah di kenal 1 . Penunggalan ( jalan utama ) , Tarian Jiwa , Tarian Kundalini ...
Gerak , napas , energi yang terbentuk , melebur menyatu seturut harmoni alam .
2.Pasangan tak terpisah : im ~ yang , atas ~ bawah , luar ~ dalam ... segala sesuatu diletakkan sama besar , tanpa dominasi .
3 . Tiga unsur , tiga alam , 3 lingkar tak terputus : air - api - udara , jiwa-roh-raga , aku - kamu - dia : pemahaman gerak , napas , energi mengikuti ke 3 unsur pembentuk alam tadi .
4 .Empat unsur , empat arah .. Air , api , angin , tanah ... ke empat arah mata angin .
Latihan pengolahan energi dalam gerak dan napas , mengikuti pola energi alam tadi , dilakukan berurutan , ga bisa digabungkan begitu saja .
5 . Teori 5 arah , lima unsur : teori ini paling banyak pecahannya ,
unsur yang digunakan pun tidak sama penyebutannya . Teori ini lebih menekankan kesempurnaan .

DAN SETERUSNYA ....

Selain uraian tadi , untuk mengolah energi tubuhnya , orang yang berlatih menggunakan beberapa teknik pernapasan untuk mendapatkan hasil yang maksimal .

Uraian tentang pengolahan energi dengan metode pengaturan napas , lain kali aja .

Pegel .

gunar

Jumlah posting : 106
Join date : 28.09.08
Lokasi : Chemarank

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  Cewe manis on Thu Nov 27, 2008 1:06 pm

The explaination is beyond my expectation.
Sekarang jd lbh ngerti krn udah di pisah2 penjelasannya.
Makasih

Cewe manis

Jumlah posting : 25
Join date : 13.10.08
Age : 36
Lokasi : Sda

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  -dan- on Thu Nov 27, 2008 11:47 pm

weks...banyak amat.....
maafkan kalo daku blm baca ...he...he...he... Embarassed

ijin copas dulu bro....aku baca offline ajah.
rabbit

-dan-

Jumlah posting : 47
Join date : 30.09.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perbedaan macem2......

Post  Sponsored content Today at 5:12 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik